Intel Kodim 0321 Rohil Tangkap Puluhan Slop Rokok Ilegal Diduga Milik Oknum Polda Riau

   

 PEKANBARU - rilisberita.com // Rokok ilegal tanpa cukai berhasil ditangkap oleh Unit Intel Kodim 0321 Rokan Hilir (Rohil). Parahnya lagi rokok ilegal tanpa cukai tersebut diduga milik oknum polisi yang seharusnya menegakan hukum.

Total jumlah rokok ilegal tanpa cukai yang berhasil ditangkap Unit Intel Kodim 0321 Rohil tersebut sebanyak 70 slop yang terdiri dari berbagai merek.

Puluhan slop rokok ilegal tersebut diamankan di wilayah Panipahan bertempat di Ruko yang diduga milik oknum aparat penegak hukum berinisial "A".

Letkol Kavaleri Nugraha Yudha Prawiranegara SIP, Komandan Kodim (Dandim) 0321 Rohil saat dikonfirmasi, Rabu (5/6/2024) menerangkan, pengungkapan peredaran rokok ilegal tanpa cukai tersebut bermula pada hari Minggu 2 Juni 2024 sekira pukul 09.30 WIB.

Dimana, anggota Unit Intel Kodim 0321/Rohil mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran rokok tanpa dilengkapi cukai (ilegal) di wilayah Kecamatan Palika diduga dilakukan oleh oknum aparat penegak hukum dengan memanfaatkan masyarakat setempat berinisial "AG" sebagai pekerja.

Sekira pukul 09.38 WIB lanjutnya, berdasarkan informasi dari jaringan bahwa AG sedang membawa rokok tanpa cukai tersebut untuk diedarkan di seputaran Kepenghuluan Panipahan.

Pada saat akan dilakukan penangkapan oleh personel Unit Intel Kodim 0321/Rohil di Jalan Teluk Palas Kepenghuluan Panipahan Laut Kecamatan Palika, AG berusaha melarikan diri. Kemudian anggota Unit Intel melakukan pengejaran.

Namun jelas Dandim, pada saat dilakukan pengejaran, AG melarikan diri menuju Ruko milik seorang yang diduga oknum APH dengan inisial A yang berdinas di Polda Riau.

"Saat AG beserta barang bukti berhasil ditemukan dan rencananya akan dibawa ke pihak berwenang untuk dimintai keterangan, istri dari diduga oknum APH berusaha menghalang-halangi personel kita dan diduga menyembunyikan A terkait konfirmasi barang tersebut di Ruko miliknya," terang Dandim.

Usai diamankan tambah Dandim, barang bukti kemudian diserahkan kepada Bea cukai untuk penangan lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni 70 slop rokok tanpa cukai dari beberapa jenis merek.

Secara terpisah, Irjen Pol M Iqbal, Kapolda Riau saat dikonfirmasi melalui pesan daring dari nomor teleponnya belum memberikan keterangan terkait tertangkap rokok ilegal yang diduga diedarkan oleh anak buahnya tersebut. Meskipun pesan singkat terkirim pada Kamis pagi (5/6/2024).

Hingga berita ini dilansir tim redaksi bukamata.co masih menunggu keterangan resmi dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

(Sekarmayang)